.: everybody has secrets – continue :.

February 9, 2008

Nanny 911

Filed under: tv — cepi @ 11:50 am
Tags: ,
Hihi.. saya baru sekali menonton acara ini di Metro TV. Itu pun bukan karena sengaja. Mungkin banyak yang belum tahu, kalau stasiun TV Indonesia fave saya ya Metro TV. Bukan karena cinta, biasa aja sih, tapi karena menurut saya TV-TV lainnya hanya berisikan sinetron yang mengumbar fantasi dan mimpi tanpa menumbuhkan kreativitas atau motivasi untuk berbuat lebih baik (halah… kalimatnya..). Padahal kalau kebanyakan nonton Metro saya juga bisa stress, melihat betapa ‘buruknya’ pemerintahan republik ini (wong isinya kebanyakan kritik juga). Tapi ya sudah, kemarin saat saya membiarkan TV saya mengudara sendiri dengan Metro TV-nya (karena kebetulan di AXN dan Starworld juga sedang tidak ada acara menarik), tahu-tahu acaranya adalah Nanny 911.

Saya pernah lihat iklannya, cuma saya kira acaranya tidak menarik (apaan sih, nanny / babysitter malah di-reality-show-kan). Tapi ternyata jadi menarik dan cukup mendidik. Konsep acaranya (kalau tidak salah, karena saya tidak mengikuti dari awal), kalau ada orang tua yang ingin perubahan dalam pola mengasuh dan mendidik anaknya, mereka bisa mengajukan permintaan. Sang Nanny (yang profesional) kemudian akan datang, menganalisa, kemudian menerapkan aturan-aturan sehingga anak-anak tsb dapat diasuh dan berada di ‘track’ yang benar.

Jadi, kasusnya kemarin ada satu keluarga dengan dua anak cowo (sepertinya keluarga Amerika). Anak-anaknya lucu-lucu sih, hanya masalahnya..  anak-anaknya ini manja. Kalau minta sesuatu pasti merengek. Walau sudah umur 4 tahun, tidur masih sama orang tua. Minum pakai cangkir dot, bukan pakai cangkir biasa. Makan disuapin, tidak makan sendiri. Jadi, sang nanny menerapkan beberapa aturan yang mengubah hal itu: no cangkir dot, makan sendiri-sendiri, tidur tidak sama orang tua. Walaupun pada awalnya menghadapi tentangan (bukan hanya dari anak-anaknya yang menangis tidak pakai berhenti), tapi juga dari orang tuanya sendiri, yang memang tidak tega melihat anaknya harus menghadapi perlakuan berbeda. Tapi akhirnya berhasil juga.

Menurut saya, acara ini berguna untuk mendidik anak. Karena sering saya lihat anak-anak yang tidak terdidik baik sejak kecil, begitu besar sedikit dan dewasa, sudah sulit diubah karakternya.

Tapi mungkin perlu diperhatikan juga bahwa tidak semuanya yang disampaikan di sini cocok dengan budaya/agama kita. Jadi tetap penerapannya harus selektif.

Sayangnya saya lupa acara ini setiap hari apa dan jam berapa he he… jadi mungkin akan ditonton kalau kebetulan TV nya lagi mengudara di Metro pada jam tsb )

4 Comments »

  1. Wah cep di kos lu skrg pake cable juga? wah… borju kamu😛 Btw katanya emang ama anak orang kita bisa lebih tegas daripada anak sendiri, makanya mungkin butuh bantuan Nanny 911 ya

    Comment by Risna — February 9, 2008 @ 12:07 pm | Reply

  2. Halah.. mana ada gw pake cable.. ini gw lagi di kantor si abang, nungguin dia beres2in mejanya.. jadi ngonline deh. Niatnya mo ikutan kerja (udah bawa2 laptop) tapi jadinya malah nge-blogging dan malah mau nonton DVD Heroes yang sudah lama tak tertonton hehehe.. cepet amat lu komennya.. baru juga di upload

    Comment by cepi — February 9, 2008 @ 1:19 pm | Reply

  3. Eh tapi emang, kali kalo anak gw sendiri gw jg gak tega, tapi kalau ngerasin anak orang paling tega kali hehehe

    Comment by cepi — February 9, 2008 @ 1:20 pm | Reply

  4. hehe cep, itu maksud gue cable tv karena lu nyebut2 AXN dan StarWorld. Ini gue juga lagi nemenin si mas di kantor, niat kerja tapi malah baca2 blog😛 alah apaan seh:P. Btw ngerasin anak orang = nge os ya heheh🙂

    Comment by Risna — February 9, 2008 @ 4:10 pm | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

