.: everybody has secrets – continue :.

February 9, 2008

Soto

Filed under: makanan — cepi @ 12:11 pm
Tags:

Senangnya jadi orang Indonesia dan ada di Indonesia! (melirik Risna)

Makanannya itu lho.. benar-benar surga.. kebetulan saya suka segala macam makanan daerah, mau makanan Padang (ini mah tidak pernah bosan), Sunda (secara sudah 20 tahun menjadi my home town), Jawa Tengah & Yogya (beberapa,  kadang agak manis), Manado (pedesss.. tapi bukan yang kelelawar atau tikus yah😛 ), Palembang / Melayu, Medan.. semuanya enak banget! Tapi aneh, saya kurang suka masakan Jawa Timur (rawon, dan sebangsanya). Jadi kalau dinas.. milihnya bukan yang ke Jatim hehehe (peace!)

Tapi sekarang saya sedang doyan banget sama soto. Dan soto pun di Indonesia macam-macam. Ada soto Padang, soto Madura, soto Kudus, soto Bandung, soto Sulung, soto Bangkong, soto Betawi, dan mungkin soto-soto lainnya yang tidak tersebut. Yang paling saya suka tentu soto Padang, soto Bangkong dan soto Betawi.  Soto Kudus dan soto Madura so-so lah.

Soto Padang yang enak agak susah didapat. Sebelum kenal Abang, soto Padang yang saya tahu enak itu hanya di Padang, di depan BNI (jalan apa, lupa). Adek saya malah lebih kacau lagi, based on ingatan masa kecilnya, dia suka bilang gini ‘Ma, kita jalan-jalan ke Padang yuk, terus makan soto di pasar’ (gubrak kan… saya saja tidak ingat kalau di pasar Padang ada soto enak). Tapi waktu kenal Abang, secara dia adalah orang Padang yang besar di Jakarta, saya jadi sering diajak makan di tempat favenya (yang sekarang juga jadi tempat fave saya) di resto Martabak Kubang di Jl Sahardjo. Walau judul resto nya  Martabak Kubang, tapi di sana tersedia segala rupa makanan: Sate Padang (not recommended, enakan Mak Syukur), martabak kubang (enak banget! hampir sama dengan yang di Padang), roti cane, mie goreng & nasi goreng padang, daaan soto Padang! Rasanya hampir sama dengan yang di Padang. Sebelumnya saya juga sempat diajak ke soto Padang yang dekat Pasar Baru (ada resto khusus soto Padang), tapi kok tetap lebih enak yang di Saharjo ini. Cobain deh kalau ada yang berminat.. Buat yang belum tahu, soto Padang itu terdiri atas soun, perkedel kentang, daging kering (seperti layaknya dendeng padang yang keras itu, tapi udah dihancur-hancurin), pakai sambal merah.. (waduh jadi ngiler saya..)

Terus.. soto Bangkong. Saya pertama kali tahu ada soto Bangkong, sewaktu diajak bos waktu sedang dinas ke Semarang. Katanya soto ini asli dari Semarang. Isinya agak ‘kocak’, seperti soto pada umumnya, isinya ayam suwir, soun, dan banyak sekali bawang putih. Tapi kita bisa menambahkan ‘side dishes’ yang ditusuk pakai tusuk sate, seperti perkedel kentang, sate kerang, sate buntut ayam, sate telor puyuh atau tempe. Beruntunglah saya, dekat kantor di Cikini, ada resto Soto Bangkong yang enak. Jadi tempat ini selalu jadi alternatif makan siang kalau sedang bosan di kantor. Coba juga minumnya pake es lidah buaya.. yummy..

Yang kocaknya, kalau di lingkungan Sunda, bangkong itu artinya kodok. Jadi waktu di sedang di Bandung, saya ajak orang tua saya untuk makan soto Bangkong (kebetulan ada satu dekat rumah, tapi belum pernah kita coba), papa saya bilang begini “Hah? Soto bangkong?? Mau makan kodok?? Jangan….” Gubrak deh.. saya baru sadar hehe.. saya coba jelaskan kalau itu adalah soto AYAM bukan soto KODOK tapi tetap saja tidak mau.. Ya sudah, nanti perginya sama ibu saya saja, tapi diam-diam hehehe…

Kalau soto Betawi, yang saya tahu yang enak ada di TIM. Lumayan enak.. kalau soto ini pakai santan, enaknya kalau isinya daging & paru, terus juga ada kentang. Yummy..

Haduh.. saya jadi lapar..

3 Comments »

  1. Cep, paling enak emang di Indonesia soal makanan. Di sini jangankan lu bilang tentang soto, namanya tempe aja sulit *higs*. Tapi cep, kalau melihat kecintaan lu dengan acara makan, gue kuatir program diet lu gagal total hehehe… *piecee*

    Comment by Risna — February 9, 2008 @ 4:15 pm | Reply

  2. halaaahh cepiii.. masih inget gue ‘kan.. itu lho, dian, temen di delft dulu..kekeke.. gue lama banget absent online.. sibuk2 ngurus suami ma anak.. masih doyan makan yahhh.. mau donggg makan bareng lagiiihh.. trus, itu siapa ya, si Abang?..:D.. gue liat friendster, ternyata udah in relationship.. alhamdulillah.. terus, ternyata, selama ini, loe jalan2!!!.. senangnyaaahhhh…😀.. ok dehhh, good luck yahhh..

    Comment by Dian Indrawaty — February 12, 2008 @ 11:59 pm | Reply

  3. To Risna: jangan khawatir, sekarang gw memajang chart berat badan di dinding walau bukan jaminan juga berat gw akan turun kekeke.. at least ada yg ngingetin deh😛

    to Dian: maapkan daku tayang tayang, di sini kalo komen harus sudah pernah komen dl sebelumnya, jadi klo blom pernah dia akan minta dimoderatori. Dan berhubung daku lately ‘sibuk’ atau ‘sok sibuk’ jadi yah gak pernah log in🙂
    apa kabarnyaaaaaaaaaaaaaaaa.. udah berapa anaknya.. gak pernah pulang yah??? wah kangen neh😛
    si abang..ada deh hehehe ^_^

    Comment by cepi — February 25, 2008 @ 9:48 am | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

