.: everybody has secrets – continue :.

March 26, 2008

Susahnya Cari Rumah di Jabodetabek

Filed under: rumah — cepi @ 9:34 am

Setelah 4 tahun bekerja, baru diniatkan sekarang untuk mencari rumah. Dulu-dulu sih suka tergoda juga kalau teman-teman mencari rumah, tapi karena dulu belum terlalu butuh, dan lebih butuh mobil, saya lebih memilih kredit mobil daripada kredit rumah. Dan sampai sekarang, masih butuh 2.5 tahun lagi tuh mobilku tercinta lunas.

Dan sekarang, sewaktu sudah mulai diniatkan mencari rumah, ternyata susah banget cari rumah di Jabodetabek. Sebenarnya gampang, asal budgetnya mencukupi🙂 Dibatasi oleh maksimal budget 200 juta (itu pun nanti akan di-KPR-kan), kriteria primer rumah yang saya inginkan antara lain adalah (diurut dari prioritas paling penting):

  1. Tidak banjir
  2. Akses ke kantor (Jakarta Pusat – Gambir – Lapangan Banteng) gampang dan cepat, karena tidak bisa mengandalkan mobil lagi. Preferable jika ada kereta ekspress AC dan bus AC, yang jadwalnya fleksibel: pagi-pagi sudah ada (sampai kantor sebelum jam 7), dan malam-malam masih ada (dari Jakarta Pusatnya jam 20).
  3. Aman (karena kemungkinan akan meninggalkan mobil di rumah)
  4. Tidak perlu renovasi lagi
  5. Kamarnya minimal 2 maksimal 3 (jadi kalau ortu datang, masih bisa menginap dengan nyaman)
  6. Lingkungan sekitar baik-baik, tidak terlalu mencampuri urusan orang lain
  7. Tidak terlalu jauh dari pasar tradisional (karena belanja bahan makanan di pasar modern mahal bo!), pasar modern (untuk belanja keperluan yang tidak bisa dibeli di pasar tradisional) ataupun plaza (tidak usah mall, karena terlalu besar)

Kriteria sekunder yang saya inginkan adalah:

  1. Desain minimalis dan modern, karena bentuknya lucu🙂
  2. Sistem cluster, tapi tidak terlalu jauh dari jalan raya (aman, tapi kalau kejauhan kan ribet jalan kaki keluarnya)
  3. Kompleknya keren dan sudah punya nama

Daerah prioritas sampai saat ini:

  1. Tangerang
  2. Jakarta Selatan
  3. Depok

Bukan daerah lain, dengan pertimbangan kemungkinan banjir, mahal, panas, macet, tidak ada akses, dll. Dan tidak usah rumah baru, rumah second pun OK.

Ternyata susah ya. Kemarin baru survey dua lokasi, ke Bintaro (cluster baru, Mahagoni Park) dan BSD (Nusa Loka, cluster Neo Catalonia, cluster De Latinos – Mexican). Ada yang OK tapi mahal, ada yang ngga OK (itu pun sudah mahal). Mungkin saya perlu cek ke lokasi-lokasi lainnya di luar kompleks tersebut, kalau perlu ke kompleks yang tidak terlalu keren😦 Soalnya kompleks yang keren-keren mahal semua….

Ini gambar-gambarnya:

Rumah contoh cluster Mahagoni Park type Nectarina :
nectarina.jpg

Kalo yang ini di BSD, Nusa Loka
 nusa-loka-l15-no-21.jpg

Yang ini juga di BSD, cluster De Latinos – Mexican

 delatinos-mexican.jpg

Jadi ada yang bisa kasih saran sebaiknya saya cek ke mana lagi?

14 Comments »

  1. deuuh dah cari rumah aja nih. udah ada tanggalkah? hihihi.. Tapi pertanyaannya, apa masih ada daerah bebas banjir di Jakarta? cari rusun aja cep, biar tinggi dan aman dari banjir hheheh..

    Comment by risna — March 26, 2008 @ 10:49 am | Reply

  2. cepi mah ga suka rusun or apt ris…
    dia takut gempa =))

    Comment by siska — March 27, 2008 @ 9:40 am | Reply

  3. kalo apartemennya di luar negeri atau di jepun boleh deh,
    lebih percaya hihihi

    Comment by cepi — March 27, 2008 @ 9:48 am | Reply

  4. Gue skrg lagi dilema dikit, mauu pindah ke rumah biasa atau tetep tinggal di apartemen. Jujur aja, apartemen emang lebih ringkas buat kami, tapi kayaknya godaan tinggal di rumah juga sepertinya cukup nyaman.

    Comment by risna — March 28, 2008 @ 4:44 pm | Reply

  5. coba cek di cluster hakiki, pamulang. Jl Bukit Indah, kel Sarua, Kec Ciputat. Sederetan dg BSD Nusa Loka, Grand Serpong, Green Serpong.

    Comment by hakikigavrila — April 3, 2008 @ 12:05 pm | Reply

  6. to risna: kalo di luar negeri ambil apartemen, kalo di indonesia ambil rumah🙂

    to hakikigavrila: ntar aku cek deh, ada ancar2 arahnya? daku rada buta daerah sana soalnya..

    Comment by cepi — April 4, 2008 @ 9:12 am | Reply

  7. coba di mahagoni park saja…saya tinggal di MP dari januari 2008…akses lumayan strategis, kalau bawa mobil sendiri bisa lewat tol…kalau naik kereta deket dengan stasiun kereta…lingkungan tenang dan aman…situasi penghuni baik-baik saja…sepanjang kita tidak mengganggu orang lain, mereka juga tidak akan mencampuri urusan kita…

    Comment by nana — April 7, 2008 @ 10:51 am | Reply

  8. […] Rumah Idaman – Part 1 Hehe.. sesudah posting pertama saya di sini, rasanya kok seru juga kalau saya memposting ’sejarah’ saya dalam mencari rumah Lucu […]

    Pingback by Berburu Rumah Idaman - Part 1 « .: everybody has secrets - continue :. — May 8, 2008 @ 2:04 pm | Reply

  9. […] Kecewa.. Berburu Rumah Idaman – Part 1 May 8, 2008 Hehe.. sesudah posting pertama saya di sini, rasanya kok seru juga kalau saya memposting ’sejarah’ saya dalam mencari rumah Lucu […]

    Pingback by Berburu Rumah Idaman - Part 1 « .: everybody has secrets - continue :. — May 8, 2008 @ 2:07 pm | Reply

  10. udah nentuin dimana mbak? hehehe aq jg lg pusing nih😀
    btw salam kenal ya…

    Comment by pimbem — May 22, 2008 @ 8:53 am | Reply

  11. Setuju sama comment nya (mbak atau ibu) Nana. Saya juga tinggal di MP…

    Comment by Prasetyo — August 25, 2008 @ 3:20 pm | Reply

  12. Rasanya Mahagoni Park masih jauh banget dari Jakarta Pusat ya…..
    tau nih, kebiasaan tinggal kost deket kantor, gak rela banget rasanya menghabiskan waktu 2 jam pergi dan 2 jam pulang dengan punya rumah jauh higs…

    Comment by cepi — August 29, 2008 @ 3:48 pm | Reply

  13. Mas Cepi coba buka http://rumahkubintaro.wordpress.com/ ini orang jatuh cinta banget sama Mahagony Park dengan analisa prospek nilai investasi kedepannya.

    Comment by Jojo — September 1, 2008 @ 2:26 pm | Reply

  14. jadinya ambil rumah dimana mbak..??

    *lagi pusing juga nih mau ambil rmh dimana gara-gara harganya melangit semua huhuhuhuhu*

    Comment by robocop — October 6, 2008 @ 10:47 am | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: