.: everybody has secrets – continue :.

April 9, 2008

Utopia

Filed under: games — cepi @ 6:11 pm
Tags: ,

Aha, teman-teman kuliah saya (jaman-jaman tingkat akhir S1 dan awal-awal kerja) pasti pada tahu game Utopia. Dulu kita rame-rame doyan banget game ini. Saya sendiri ‘gila’ game ini starting tahun 1999 – 2002, mulai dari masa-masa kerja di Indoeceng sampai lulus kuliah S2. Lebih gila memang pas jaman-jaman kuliah S2, karena itu masa-masa saya punya internet akses super cepat. Game ini adalah online game, di mana hitungan detik kadang sangat menentukan. Jadi koneksi internet  yang cepat (dan GRATIS) serta waktu yang banyak sangat diperlukan. (hehe kesannya jaman kuliah S2 waktu saya longgar banget ya..)

Anyway, saya jadi teringat game ini kemarin-kemarin. Lupa linknya, saya searching di Google. Kirain udah tamat, tau-tau ternyata masih ada🙂 Masih tetap diklaim dimainkan oleh 80.000 user online (padahal tahun 2002 katanya juga segitu lho, artinya jangan2 sekarang udah dobel, tripel atau malah lebih).

Yang buat gamenya itu asyik ya itu, kita bisa berinteraksi dengan rekan-rekan di seluruh dunia yang main game yang sama. Selain lewat forum di Kingdom tempat Province kita terdaftar, juga bisa chatting via ICQ (mostly used) atau Yahoo Messenger. Gamenya sendiri sih memang menarik. Kita dikasih 1 Province, 200 hektar tanah (kalau gak salah), beberapa orang penduduk, money, dll (pokoknya resource minimum sehingga masih bisa tumbuh berkembang). Kita ditempatkan di 1 Kingdom, yang bisa terdiri atas max sekitar 20 Province (saya lupa jumlahnya). Di Kingdom ada King, yang bertugas untuk mengatur Kingdomnya, serta mengatur external relation dengan Kingdom lainnya: war, peace ataupun netral.

Goal-nya adalah, menjadikan kingdom kita paling kuat. Saya lupa apa ukurannya, kalau tidak salah ada berdasarkan land (luas tanah), networth (rasanya ini semacam point yang menunjukkan kekuatan suatu province), dan satu lagi saya lupa.. Goal tsb tercapai JIKA setiap provincenya pun tumbuh dengan baik. Province bisa berkembang dengan baik, biasanya ditandai dengan perkembangan land (walau tidak selalu). Land dapat dikembangkan dengan mengeksplorasi (yang membutuhkan resource uang dan soldiers), atau dengan mencaplok lahan province lain (mostly di luar Kingdom tsb, tapi kita juga bisa mengembat lahan teman se-Kingdom jika kita mau membunuhnya. Hanya land yang didapat tidak banyak).

Satu province dijalankan oleh 1 user. Utopia tidak membolehkan 1 user menjalankan beberapa province, baik di Kingdom yang sama ataupun beda, karena nanti jadi tidak fair: 1 province dapat membantu 1 province lain sesukanya. Dalam perjalanannya, cheating tetap saja terjadi, dan jika tertangkap, Utopia master akan ‘membunuh’ province-province yang ketahuan dijalankan oleh orang yang sama –> biasanya ini akan menjadi perdebatan seru di Utopia forum, apalagi jika yang terbunuh adalah province yang kuat.

Kondisi war, peace dan netral antar Kingdom ikut mempengaruhi perkembangan province di Kingdom tersebut. Memang, kondisi war memungkinkan kita untuk ‘mencaplok’ lahan lebih banyak, tapi kita juga bisa ‘suffer much’ jika kita diserang orang lain, baik dalam bentuk serangan mendapatkan lahan ataupun serangan ‘magic’ dan ‘thieving’. Seru memang…

1 Utopian day = 1 jam. Jadi, dalam waktu 1 jam, parameter-parameter province kita akan berubah: bisa membaik (tumbuh), atau bisa memburuk (misalnya, banyak penduduk mati karena kelaparan). Orang yang ‘gila’ bisa akan login (atau ‘mengecek province-nya’) setiap jam sekali, untuk memastikan bahwa kondisi provincenya selalu dalam keadaan optimal. Daaan itu yang saya lakukan jaman-jaman di Belanda hihihi… Bahkan kondisi province yang sedang jelek karena diserang habis-habisan pun dapat mempengaruhi mood saya. Saya bisa bete atau nangis-nangis hanya karena Kingdom kami / province saya diserang habis-habisan saat war.

Lama-lama, terutama setelah balik ke Indonesia, agak sulit juga dapat koneksi internet yang murah. Waktunya juga nggak ada. Plus saya sudah agak ‘dewasa’ dikit. Ngapain stress hanya karena game hehehe.. Jadi ya.. byebye Utopia. Tapi saya masih mengingat masa-masa ‘indah’, kenal banyak orang, mengatur strategi.. hihi.. seru, pengen lagi, tapi sayang, waktunya nggak ada…

2 Comments »

  1. Cep.. gue masih maen! Sebelum masuk RS kemaren g malah jadi Queen. Mundur gara-gara g masuk RS di tengah2 kemelut war.. kekeke

    Comment by Vera — April 10, 2008 @ 10:43 am | Reply

  2. hehehe
    masih berani gak ya maen sekarang?
    aku masih kepengen tapi males yang harus login tiap harinya itu lho…
    belum lagi harus pasang icq, ntar dikira inactive lagi sama temen2 kingdom..
    huh repotnya

    Comment by cepi — April 11, 2008 @ 8:37 am | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

