.: everybody has secrets – continue :.

May 26, 2008

Antri Premium

Filed under: curhat — cepi @ 6:55 pm
Tags:

Akhirnya saya berkesempatan merasakan ‘puasnya’ mendapatkan Premium harga lama di saat harga akan naik besoknya🙂

Anyway, saya tidak akan membahas ataupun memaki-maki mengapa harga BBM harus naik, padahal negara kita adalah penghasil minyak –> alasan begini rasanya harus dipikirkan ulang deh, mengingat negara kita sekarang sudah selalu mengimpor minyak mentah, karena produksi dalam negeri tidak cukup. Bahkan kemarin sempat tercetus ide untuk keluar dari OPEC, karena produksi kita tidak sebanding dengan negara-negara OPEC lainnya (plus kita mengimpor pula….)

Anyway, saya ambil sisi positifnya saja, dengan naiknya BBM artinya kita jadi lebih berhemat dalam bahan bakar minyak, sehingga dapat digunakan untuk anak cucu kita nanti. Penghematan BBM artinya juga dapat mendorong riset bahan bakar alternatif, yang lebih ramah lingkungan.

Jadi entah kenapa, walaupun isu kenaikan BBM sudah berkembang sejak awal bulan ini, Jumat kemarin saya punya feeling yang kuat bahwa harga akan naik Sabtu / Minggu. Pertimbangannya, mungkin kalaupun ada demo, bukan hari kerja, jadi jalanan gak macet (make sense kan hehehe). So, Jumat pagi saya penuhilah tanki bensin (dapet 50 ribu). SPBU belum penuh nih, biasa saja.

Pulang kantor, tau-tau kok pengen pulang ke Bandung. Daripada pulangnya minggu depan, di saat bensin udah naik, mending pulangnya sekarang. Jadi.. saya pun pulang ke Bandung. Sesudah mengantar teman saya ke rumahnya yang di Bandung, saya pun menyusuri jalan pulang. Masih jam 8 malem. SPBU sudah penuh ditungguin polisi.. feeling makin kuat kalo harga akan naik. Akhirnya sampai di Lingkar Selatan (BKR), saya putar balik, maksa mau ke SPBU Pasti Pas. Untung tidak terlalu penuh, antrian gak perlu sampai ke jalan padahal SPBU nya kecil.

“Mbak, minta full aja ya” saya bilang sama yang jaga.

Katanya “75 ribu maksimal ya bu”

Karena sudah tahu memang ada pembatasan itu, saya bilang saja “OK, paling 50 ribu juga sudah penuh”.

Dan jreng2.. bener juga, 50 ribu sudah penuh. Dan melengganglah saya pulang…. Pas sampai di rumah.. pas kenaikan BBM diumumkan… Akhirnya merasakan juga pengalaman mengantri BBM di saat mau naik hehe.. walau perjuangannya masih kurang sih, soalnya SPBU nya belum terlalu ramai.

Anyway, memang sih, dengan naiknya BBM ini, saya juga berasa kalau sudah mulai harus makin mengetatkan ikat pinggang😦 ngga tau gimana jadinya kondisi ekonomi kita ini, takutnya bunga bank ikutan naik, padahal masih punya pinjaman huhuhu..

Saya juga ikut sedih sama masyarakat yang kena dampaknya, walaupun ada BLT, rasanya kok BLT itu ngga akan bisa menutupi dampak kenaikan BBM.

Hanya saja, memang negara ini sudah salah kelola sih.. Masih banyak sumber pendapatan negara yang tidak masuk ke dalam negara, rasanya tiap hari saya bayar pajak (PPN, dll), dan saya pikir seharusnya pendapatan dari pajak pun sudah banyak sekali. Tapi kok sepertinya raib saja ya.. Mungkin kalau semua pendapatan negara tidak ada yang ‘disunat’, kenaikan harga minyak tidak akan terlalu berpengaruh pada kondisi ekonomi Indonesia.

Saya juga paling sebal sama para politisi yang doyan menyerang pemerintah sekarang (bukannya saya pro pemerintah sekarang ya), tapi ngomongnya itu selalu begini “Seharusnya pemerintah tidak usah menaikkan harga BBM karena masih ada opsi-opsi lain untuk menyelamatkan APBN”. Tapi mereka tidak pernah menyebutkan atau mendalami apa opsi-opsi lain itu. NATO saja!

Politisi yang kayak gini sih udah gak laku kalo buat saya, gak tau ya kalo buat orang lain..

Seharusnya memang transportasi massal dibenahi, karena kalau tidak dibenahi segera, maka jalan-jalan akan segera dipenuhi oleh motor. Ya iya lah, pakai mobil mahal, pakai angkot / bus tidak nyaman dan tidak aman, ya mending pakai motor. Ditambah kredit kepemilikan motor makin murah.. ya bisa dibayangkan apa jadinya nanti ibukota😦

2 Comments »

  1. wah cep, BBM di Indonesia 6000/liter itu murah loh, di sini seliternya aja 12000 kalau dikurs. Tapi ya..gue rasa naiknya harga BBM tidak akan bisa menghemat BBM, orang yang butuh tetep aja akan beli, tapi semoga juga orang semakin bijak aja sih menggunakan BBM dan sumber daya alam lainnya

    Comment by Risna — May 27, 2008 @ 4:37 pm | Reply

  2. Sebenernya dari trend sih turun. Tapi belakangan akan naik lagi. Satu-satunya cara menghemat BBM menurut gue ya cuma membenahi transportasi publik, memahalkan harga mobil & motor (atau pajaknya). Kalau sekarang sih, mobilnya mungkin berkurang (dikit, tapi gw tetep kena macet tuh), tapi motornya nambah banyak, yang artinya menambah besar kemungkinan kecelakaan (tau sendiri lah bagaimana cara motor berkendara, males ngerem, males ngasi sen, gak punya spion dll). Nah, motor nambah banyak ya artinya BBM juga nambah hehe.. Dan juga mungkin pemerintah harus sinkron ya, kalau di satu sisi mereka ingin mengurangi pemakaian BBM (coba saja lihat kalo sidang2 di pembahasan BBM, wuih semangatnya menurunkan konsumsi BBM tinggi sekali), tapi mereka juga meng-encourage penjualan kendaraan (mobil & motor) tiap tahun, bahkan sekarang kalo mo nyicil motor itu syaratnya gampang banget.. hampir semua orang bisa punya motor tuh

    Comment by cepi — May 28, 2008 @ 1:18 pm | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

