.: everybody has secrets – continue :.

September 8, 2008

Moving Out of My Comfort Zone

Filed under: curhat — cepi @ 12:43 pm

Saya paling tidak suka kalau harus disuruh presentasi atau ngomong di depan umum. Masih mending kalau topiknya dikuasai, kalau topiknya kurang dikuasai, makin gak pede deh. Walau topiknya dikuasai pun, kalo pendelegasiannya secara dadakan saya juga ogah –> jadinya saya sering dikomplain bos saya deh, karena waktu itu dia minta saya mempresentasikan sesuatu tapi saya menolak-nolak di depan rapat🙂

Tapi kan nggak bisa begitu selamanya. Selama beberapa tahun bekerja di sini, saya sudah beberapa kali presentasi / memimpin rapat / mengajar training. Kadang sukses (apalagi kalo materinya saya sangat mengerti, dan audiencenya dapat dikuasai), kadang juga tidak sukses.

Nah hari ini saya diminta ikutan jadi fasilitator workshop di kantor, untuk topik yang sama sekali saya tidak mengerti. Untung saja sempat belajar dari berbagai macam bahan, jadilah “sedikit” mengerti. Sempat khawatir juga, karena beberapa audiencenya tingkat tinggi (walau gak tinggi2 amat), dan saya takut juga kalau saya tidak kenal audiencenya.

Alhamdulillah all went “quite” well, karena kebetulan anggota kelompok saya banyak yang proaktif dan beberapa saya kenal. Kebayang gak sih kalo anggota kelompok saya diem-dieman.. saya harus berusaha keras menggali agar ide-ide mereka keluar..

Tapi tetap saja, penyakit saya ini tidak hilang-hilang (walau rasanya lebih baik). Habis terlalu sering ketakutan, such as “takut dianggap tidak becus”, “takut tidak sanggup”, “takut ditanya yang saya tidak bisa jawab”, dan “takut audiencenya nggak ngerti karena saya gak bisa nyebut ‘R'”. But at least, saya sekarang sudah agak lumayan, selama saya bukan pimpinan rapat, disuruh presentasi pun masih mau SELAMA bahannya saya tau banget🙂

1 Comment »

  1. gimana cara membiasakan diri agar merasa nyaman saat berbicara di depan umum di saat meeting atau kasus lainnya. Soalnya sering kali saya langsung blang ketika di hadapkan pada hal-hal seperti itu, semua kata2 yang akan di angkatpun tau-tau nguap begitu saja hingga akhirnya berbicara kok jadi seperti muter-muter ndak karuan yah… bisa di share tips nya mbak untuk hal-hal seperti ini… Salam kenal

    Comment by ratdhian Sukmana — October 20, 2008 @ 9:04 am | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: