.: everybody has secrets – continue :.

March 5, 2009

Phobia Toilet / Kamar Mandi

Filed under: curhat — cepi @ 8:24 am

Kayaknya baru sekarang ya ada yang phobia toilet/kamar mandi. Maksudnya bukan takut sama toilet/kamar mandi, tapi saya phobia banget sama yang namanya toilet / kamar mandi umum / bukan yang biasa saya gunakan sehari-hari. Di rumah Bandung, saya hanya merasa nyaman kalau menggunakan kamar mandi saya sendiri (walaupun ada kamar mandi lain di rumah). Di kos, yang ada dua kamar mandi share (satu besar, satu kecil), saya hanya bisa menggunakan kamar mandi yang besar. Kalau yang kecil entah kenapa, rasanya begitu terkungkung, dan takut kalau-kalau kotor atau jorok atau apapun itu. Rasanya sungguh tidak nyaman. Kalau di kantor, yang ada dua toilet, saya selalu pakai yang paling ujung (kecuali kepepet), padahal sebenarnya kondisi keduanya tidak jauh berbeda.
Saya hampir tidak pernah menggunakan kamar mandi umum. Kalau lagi pergi terus kebelet pipis, biasanya masih bisa nahan (ih kebiasaan jelek banget ya?). Makanya saya gak pernah tuh yang pergi dari pagi sampai malam ke tempat umum, karena gak tahan kalau harus ke toilet. Pasti harus ada selang waktu untuk pulang ke rumah/kos. Tapi kalo perut lagi gak enak terus pengen pup nah itu yang susah. Kalo kejadian ini pernah harus terpaksa di MKG (tapi alhamdulillah gak jorok-jorok amat toiletnya).
Yang nyebelin, saya juga gak tahan sama ‘bau’ kamar mandi/toilet, even kamar mandi itu tidak bau-bau amat menurut ukuran normal. Jadi pikiran udah sugesti duluan kalo emang ada bau (walo mungkin gak ada), terus udah mual duluan, harus diem dulu, tarik napas panjang panjang, dan akhirnya kalo emang tuh kamar mandi gak bau-bau amat, barulah saya bisa normal lagi. Contohnya, toilet yang ada di restoran (saya pernah ke Baso Lapangan Tembak yang samping Gedung DPR dan terpaksa masuk kamar mandinya untuk wudhu), saya harus mengulang ‘ritual’ itu, baru bisa wudhu dgn normal. Terus, pernah terpaksa masuk kamar mandi bengkel AC di Bandung (halah kalo ini mah jorok banget deh, ada kecoa pula mana saya phobia kecoa, untung cuma 1), dan selamat juga keluar dari situ. Atau di kantor manapun yang pernah saya datangi dan terpaksa menggunakan toilet/kamar mandinya. Aduh, pokoknya toilet/kamar mandi umum enggak banget deh.
Sebenarnya saya banyak ditolong oleh kondisi badan saya, yang gampang banget keringetan. Jadi kayak waktu jalan-jalan di Jepun tahun lalu, itu kan lagi puanas-puanasnya, sampe 35-37 derajat lah di siang bolong. Waktu itu kita (rombongan) jalan-jalan ke Kyoto, terus temen-temen (yg gak tahan pengen pipis) pergilah ke toilet umum yagn tersedia (dan mereka ngomel2 karena ternyata toiletnya jorok haha). Well tentu saja waktu itu walaupun pergi seharian saya gak usah pergi ke toilet, karena kelebihan cairan di badan sudah keluar otomatis via keringat🙂 Walau kadang saya kesal karena kok gampang banget keringetan tapi di satu sisi cukup menolong saya terkait phobia saya sama toilet umum.
Oh ya, satu lagi yang saya juga sebal sekali, toilet di kereta. Mau keretanya Argo kek (apalagi yang non Argo), saya emoh banget pake toiletnya (kecuali lagi-lagi kalo terpaksa). No way lah….

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

