.: everybody has secrets – continue :.

November 19, 2009

Cita-cita

Filed under: curhat — cepi @ 10:26 am

Dulu waktu saya masih kecil, SD gitu lah (saya SD sekitar tahun 1980-an sampe hampir 1990), sering banget ada temen yang minta diisikan buku biodata: nama, alamat, dll, bukunya lucu2 gitu deh. Dan salah satunya adalah Cita-cita.
Kalau diingat-ingat, dulu rata-rata temen-temen saya yang lain itu cita-citanya adalah… menjadi INSINYUR PERTANIAN. Kesannya keren banget gitu. Kenapa insinyur pertanian???? Ya ga tau juga yah. Atau dokter mungkin. Profesi lain sih kurang tersentuh, mungkin karena anak-anak SD (jaman dulu) blm banyak tahu profesi apa saja yg ada di dunia ini. Saya sendiri lupa, dulu cita-cita saya mau jadi apa (hehehe).
Kemudian, waktu kelas tiga SMA, kita sudah mulai disibukkan lagi dengan Cita-cita ini, karena pendidikan yg akan ditempuh selanjutnya akan sangat menentukan, akan jadi apa kita nanti. Terus terang, dulu waktu kelas tiga SMA, saya sendiri belum tahu saya mau jadi apa. Saya senang mata pelajaran exacta: matematika, IPA (Fisika/Biologi/Kimia), dan sangat tidak suka mata pelajaran sosial: IPS (Geografi/sejarah/ekonomi) dan sebangsanya. Bukan karena apa-apa sih, tapi lebih karena saya selalu merasa tertantang untuk mengerjakan hitung2an yg ada kalkulasinya, dibanding harus menghafal (karena kapasitas otak gak banyak haha). Nah, dari mata pelajaran yg saya senangi itu, terus kalau dipetakan ke jurusan kuliah, maka gambaran umumnya saya harus ke jurusan Teknik, tapi masih gak tau Teknik apa: apakah Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Fisika ? Waktu ikut bimbel, dan ada try out untuk masuk univ, saya milih jurusannya macam2, mulai dari Teknik Kimia, Industri, bahkan sampai Penerbangan.. (Orang tua saya pengennya saya jadi dokter btw). Namun pas akhirnya, utk ujian masuk beneran, akhirnya saya pilih Teknik Informatika, hanya karena (katanya) passing gradenya sangat tinggi –> jadinya saya merasa tertantang untuk masuk (bukan karena saya suka IT hahahahaha…). Alhamdulillah masuk, dan jadilah saya 4 tahun kuliah di sana.
Waktu kuliah sih.. ada pelajaran yg saya suka, ada yg tidak. IP saya biasa-biasa saja.. kalau dulu di SMA hampir selalu masuk rangking atas, selama di kuliah kayaknya saya masuk papan tengah🙂 Setelah lulus, saat2 awal saya masih cari pekerjaan terkait IT. Kemudian, setelah pekerjaan berikutnya, tahu-tahu saya diperkenalkan pada dunia lainnya yang bukan IT, dan ternyata sangat menarik🙂 Lucu juga, jadinya sekarang kalau nanti dikaruniai anak (Amieeeennn..) saya malah maunya anak saya masuk sekolah bisnis / manajemen ajah, karena sepertinya (kata saya) dunianya lebih menarik. (Tapi kayaknya para penggila IT bisa protes ya hihihi). Anyway, masalah dunia mana yg lebih menarik mungkin tergantung pada jiwa dan personality seseorang juga ya, dia lebih suka yang mana. Setelah mengenal banyak dunia, akhirnya saya tahu bahwa saya tidak terlalu suka bekerja di sektor IT, tapi pengetahuan IT yang saya peroleh dulu sangat sangat sangat bermanfaat dalam menunjang pekerjaan saya saat ini. Pola pikir saya sangat terbantu, apalagi kalau misalnya saya butuh dibuatkan suatu program, maka saya lebih bisa membantu menstrukturkan masalahnya. Kadang kalau orang tdk mengerti IT, maka akan sulit menyampaikan apa saja kebutuhannya kepada orang IT, dan orang IT nya makin mumet utk menerjemahkan apa yg dimaui user ke dalam programnya🙂
Jadi moral of the story, pekerjaan tidak harus selalu related dengan kita kuliah di mana, tapi pembelajaran dan tantangan akan selalu ada seumur hidup kita🙂

4 Comments »

  1. yang penting sih jangan memaksakan kehendak buat cita-cita, biarin aja anaknya mau jadi apa asal dia sungguh-sungguh dan itu yg jadi passion dia.

    Comment by risna — November 19, 2009 @ 11:36 am | Reply

  2. iya sih…
    cuma kadang kok gw masih ga rela kalo anak gw misalnya pilih profesi jadi penyanyi😀 instead of businessman/woman (hehehe)
    ada bbrp profesi lah yg gw ga sreg

    Comment by cepi — November 19, 2009 @ 1:56 pm | Reply

  3. Hai..
    Salam kenal yah..ceritanya bagus dan ceritanya bisa jadi masukan info buat saya terutama soal harga cinderamatanya..
    Boleh ijin copy gambarnya gak? Makasih sebelumnya

    Comment by Yuli Tr — November 27, 2009 @ 4:09 pm | Reply

    • Salam kenal juga.. Monggo, silahkan gambarnya dicopy saja..

      Comment by cepi — December 15, 2009 @ 5:56 am | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: